Faanteyki
Faanteyki Ingin berbagi pengalaman di internet sekaligus menyimpan tulisan, anda bisa mencobanya.

Pengalaman Tes Kerja Sebagai Web Programmer #Gagal

11 Desember 2019 hari kamis,
hari ini saya ada panggilan untuk mengikuti tahap seleksi sebagai web programmer, lokasinya tidak jauh dari rumah saya sekitar 15 menit saya berangkat dan sampai.

saat saya sampai didepan kantor saya langsung bergegas didepan kantornya dan sudah ada orang yang menghampiri saya untuk masuk, saya disuruh duduk terlebih dahulu.

setelah itu datanglah pemiliki ownernya menceritakan sedikit tentang perusahaannya, sampai selesai. setelah itu dilanjut dengan beberapa pertanyaan seperti bisa apa aja di web programming, udah pernah buat apa aja ?

setelah melewati beberapa pertanyaan saya langsung dicoba untuk tes melakukan koding langsung, disini saya diberi soal untuk membuat sebuah input dan menampilkan data yang dimana ada sebuah proses relasi antar tabel didalamnya.

awalnya melihat seperti inputan biasa, saya diberi waktu seterah maka saya menentukan 35 menit akan selesai dan ini boleh mengakses internet untuk mencari referensinya.

ternyata waktu 35 menit tidak cukup, menurut saya disini saya sudah merasa gagal. ternyata saya menganggap remeh dengan soal yang saya lihat seperti mudah ternyata terlihat sulit, karena setelah saya baca lagi soalnya ada inputan yang datanya terpisah masuk ketable, kira kira gambaran inputnya seperti ini :

Proses Input


disini saya sudah canggung, dan saya tidak bisa untuk melanjutkan, lalu saya disuruh selesaikan walau waktu sudah lewat dari 35 menit, kemudian disini kodingan saya di cek apakah sudah sesuai dengan soal ?

setelah itu saya dilanjut dengan tes pertanyaan lainnya seputar flowchart, yang dimana saya disuruh menggambarkan sebuah alur proses dan saya benar benar tidak bisa...
disini saya menggambarkannya seperti apa yang ada digambaran kepala saya saja.

setelah itu saya dites untuk menerjemahkan sebuah soal menjadi bentuk kode, kira kira soalnya seperti ini :
misalnya saya punya 2 pilihan yang dimana jika saya pilih yang ke 1 maka tampil ini namun jika saya pilih yang ke 2 maka tampil yang berbeda. 

setelah menghadapi beberapa tesnya, saya langsung diberikan sedikit penjelasan lagi soal perusahaannya lalu ownernya memberikan keputusan ke saya mau join atau tidak....

disini saya awalnya sangat tertarik sekali, namun setelah saya pikir karena awal ikut tes saja sudah gagal apalagi nanti kedepannya, disini saya paham saya harus banyak belajar lagi untuk mendalami pemrograman terutama untuk materi dasarnya.

selain itu ada alasan lainnya yang saya buat, saya merasa takut saja kalau nanti saya malah menjadi beban dalam tim, makannya saya bilang tidak, lalu orang itu memberikan deal atau tidak sekali lagi maka saya jawab ya deal saya tidak join....

rasanya seperti ah sudahlah...campur campur perasaan saya waktu itu...

saya bergegas pamitan, mengucapkan terima kasih, dan keluar dari kantor tersebut....


ini adalah pengalaman pertama saya untuk menjadi web programmer...
alasan lainnya ialah ketika saya pikir kebelakang saya sudah punya rencana untuk fokus untuk belajar yang lain, yang menurut saya lebih penting dibanding belajar pemrograman... 

Faanteyki
Faanteyki  Ingin berbagi pengalaman di internet sekaligus menyimpan tulisan, anda bisa mencobanya.

Komentar